TakaHistory, TakaTekno

Sejarah, Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Komputer

sistem operasi komputer

Selamat datang di Takatik – Informasi Utak-atik!

Di saat anda memulai membaca artikel ini, pasti anda sedang menggunakan komputer atau smartphone, yang menjalankan sistem operasi tertentu. Terus, apa sih sistem operasi itu? Seberapakah pentingnya dia di kehidupan kita sehari-hari? Gimana sih ceritanya, kok bisa sampai ada sistem operasi komputer?

Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer: Dari Abacus Hingga Smartphone

Semua jawaban dari pertanyaan anda tersebut akan kita dibahas di sesi ini. Mari kita bahas satu per satu dari sejarah hingga macam-macam sistem operasi komputer yang ada di sekitar kita ini.

Apa itu Sistem Operasi?

jenis sistem operasi - sistem operasi komputer

Berbagai sistem operasi yang beredar sekarang, meliputi sistem operasi komputer dan mobile (technologydatagroup.com)

Sebelum kita membahas lebih dalam, kita harus tahu terlebih dahulu – apa sih operating system (OS), alias sistem operasi itu?

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang menghubungkan pengguna dengan komputernya, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai macam kegiatan dasar — seperti menjadwal tugas, menjalankan aplikasi, dan mengontrol perangkat yang ada seperti pekerjaan kantoran, desain, programming, atau sekadar bermain game, dan pastinya juga membaca artikel ini.

Berbagai perangkat komputer dilengkapi dengan berbagai macam sistem operasi tertentu. Terus, bagaimana awal sistem operasi dibuat?

Awal Sistem Operasi Dibuat

sejarah komputer pertama - eniac

ENIAC, komputer segede ruang tamu

Sebelum sistem operasi pertama kali dibuat, komputer dibuat dan digunakan untuk mengolah dan menghitung data-data penting, seperti sensus sampai data sensitif milik militer. Dan ukuran komputer waktu itu gan, gede banget. ENIAC contohnya, memiliki ukuran sebesar ruangan kamar. Untuk mengoperasikannya pun tidak mudah. Nah, dari situlah sistem operasi mulai dikembangkan.

Komputer yang paling pertama dibuat adalah mainframe, komputer berukuran besar yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memproses data-data penting seperti sensus dan berbagai statistik. Komputer komputer ini awalnya tidak mempunyai sistem operasi apapun. Untuk menjalankannya dibutuhkan para penggunanya, yang secara rutin datang untuk menjadwal pekerjaan dengan memasukkan program dan data, dan karena di saat itu belum ada flashdrive atau harddisk, seringkali disimpan di dalam tape atau kertas magnet dan paper punched card. Proses ini tentu menguras tenaga dan waktu para pekerja.

komputer mainframe - sistem operasi komputer

komputer mainframe modern, digunakan untuk memproses data perusahaan-perusahaan besar (itproposal.com)

Sampai akhirnya pada tahun 1956, Robert L. Patrick dari General Motors mengembangkan sebuah sistem untuk mengoperasikan mesin mainframe IBM 704 mereka. Sistem operasi ini diberi nama GM-NAA I/O. Sistem Operasi ini didesain untuk mengalihkan komputer ke pekerjaan berikutnya secara otomatis, hingga pekerjaan itu selesai dengan sendiri. Sistem Operasi ini digunakan pada 40 komputer mainframe IBM 704 yang ada pada waktu itu. Lima tahun berikutnya Burroghs Corporation mengembangkan Master Control Program(MCP) untuk mainframe B5000 milik mereka. Bahkan hingga kini, MCP masih digunakan oleh mesin-mesin Unisys ClearPath/MCP.

Setelah bertahun-tahun hanya berfokus pada bisnis produksi perangkat keras, IBM pada akhirnya ikut berkecimpung pada pembuatan perangkat lunak sistem operasi di tahun 1966. Walaupun pada awal pengembangannya dipenuhi oleh banyak kegagalan pada sistem operasi mainframe yang kurang sukses, rilis DOS/360 dan para suksesinya mampu membawa IBM menjadi pemimpin utama dan memonopoli pasar perangkat keras dan perangkat lunak sistem operasi di masa itu, hingga bertahun-tahun kemudian.

Munculnya sistem operasi yang lebih “ramah pengguna”

Xerox Alto - sistem operasi komputer

Xerox Alto, komputer personal (Personal Computer – PC) pertama yang dibuat pada tahun 1973 (wikipedia.org)

Seiring dengan berkembangnya komputer di masa 1960-an, mulai bermunculan upaya untuk ‘mengecilkan’ ukuran komputer dan membuatnya mudah dipakai oleh siapapun, perusahaan maupun perorangan. Alhasil, banyak bermunculan komputer-komputer personal(PC – Personal Computer) berukuran kecil, yang benar-benar menghemat tempat. Begitu pula pada sistem operasi, yang dikembangkan agar semakin mudah digunakan oleh siapapun.

3 tahun setelah IBM mencoba membuat sistem operasi, sekelompok programmer dari AT&T Bell Labsbernama Ken ThompsonDennis RithcieDouglas Mcllroy, dan Joe Ossana mengembangkan Unix. Walaupun pada awalnya hanya digunakan pada komputer-komputer perusahaan AT&T, pada akhirnya sistem operasi ini tersebar secara luas di universitas-universitas. Sistem operasi ini menggunakan bahasa pemrograman C, yang memungkinkan para penggunanya bisa mengutak-atik sistem operasi dengan mudah.

Di tahun 1973, CP/M(Control Program/Monitor – yang nantinya berubah menjadi “Control Program for Microcomputers“) dibuat. Walaupun awalnya hanya sekedar menjadi proyek sampingan dari perusahaannya, Digital Research, CP/M buatan Greg Kildall ini malah menjadi sistem operasi yang populer di tahun 1970-an. Banyak sekali aplikasi yang dikembangkan untuk OS ini, seperti WordStar dan dBASE. Sistem operasi ini bahkan di-port ke berbagai hardware, membuatnya kompatibel untuk berbagai jenis komputer. Pada awalnya IBM ingin menggunakan CP/M sebagai sistem operasi komputer personal mereka. Tapi ujungnya mereka memilih MS-DOS, karena masalah perundingan mereka yang gagal dicapai.

Sistem operasi yang mudah dimodifikasi, juga memudahkan banyak orang untuk membuat OS versi mereka sendiri. Pada tahun 1977, University of California di Berkeley mengembangkan BSD (Berkeley Software Distribution), adalah variasi unik lainnya dari Unix versi awal buatan Bell Labs.

1980-an, bangkitnya komputer personal, dan lahirnya Microsoft dan Apple

Microsoft dan Apple, siapa coba yang tidak kenal dengan dua nama ini? Dua rival raksasa komputer ini sangatlah terkenal dengan produknya dengan kelebihan-kelebihan tersendiri di masing-masing merek. Microsoft dengan kompatibilitasnya yang luas, dan Apple yang mengagung-agungkan keindahan, desain dan kemewahan. Keduanya sangat laris di pasaran, dan saling bersaing untuk merebut hati para konsumen. Mungkin kalian saat ini sedang menggunakan Windows 10, atau browsing dengan Safari di Mac OS?

Dari kesuksesan mereka saat ini, sejarahnya cukup panjang lho.

Di tahun 1980-an, komputer personal semakin banyak diminati karena ukurannya yang kecil dan digunakan. IBM, sebagai produsen PC saat itu masih memonopoli pasar. Walaupun komputer personalnya sangatlah terkenal, IBM terus mencari sistem operasi baru yang lebih bagus. Datanglah Microsoft, perusahaan software yang didirikan oleh Bill Gates dengan MS-DOS buatannya.

MS DOS - sistem operasi komputer

tampilan awal MS-DOS, sebelum adanya GUI (betaarchive.com)

Dikembangkan pada tahun 1981, OS ini ditujukan untuk komputer personal buatan IBM, dan menjadi OS pertama yang tersedia secara luas untuk para pengguna komputer rumahan. 4 tahun setelahnya, Microsoft merilis Microsoft Windows, yang semakin mempopulerkan sistem operasi kepada masyarakat. OS inilah yang menjadi cikal bakal Windows yang sedang kita pakai saat ini. Windows menawarkan para pengguna Graphical User Interface (GUI – Antarmuka pengguna grafis), yang benar-benar memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan komputernya. Fitur ini pun membuat produk Microsoft ini laris manis di pasaran.

windows 1.0 - sistem operasi komputer

salah satu versi windows paling awal, windows 1.0 (windows.microsoft.com)

Muncul dan naiknya Microsoft ke panggung persaingan sistem operasi, bukan berarti menjadi tanda kekalahan bagi Unix – tapi justru malah semakin berkembang. Setahun setelah MS-DOS dirilis, Sun Microsystems mengeluarkan SunOs, sebuah varian dari Unix yang didasarkan dari BSD yang tidak kalah populer dari produk buatan microsoft tersebut. Pembuatan OS ini berujung pada pengembangan Solaris, sistem operasi yang dibuat sebagian berdasarkan dari SunOS itu sendiri. Hingga pada tahun 1991, Linus Torvalds merilis Linux, sebagai vairan Unix yang gratis, dan menjadi pelopor Open Source yang kita kenal hingga saat ini.

tux linux - sistem operasi komputer

Tux, maskot awal Linux (wikipedia.org)

Setahun sebelum Microsoft merilis windows, ternyata Apple, perusahaan komputer milik Steve Jobs telah merilis terlebih dahulu OS dengan fitur GUI yang menarik. Apple merilis Mac OS untuk pertama kalinya bersamaan dengan produk komputer barunya, Macintosh, yang didesain untuk para pengguna komputer rumahan. Macintosh dan Mac OS sendiri juga ditargetkan untuk melawan monopoli IBM saat itu. Hal itu tergambarkan pada iklan komersial Macintosh pada tahun 1984 ini, yang secara halus menyindir monopoli raksasa perusahaan komputer tersebut.

Apple dan Microsoft sempat berantem lho, hanya gara-gara masalah hak penggunaan GUI. Penggunaan fitur ini pada Windows mengakibatkan sengketa antara Apple dengan Microsoft. Pihak Apple menganggap kalau hal ini adalah sebuah plagiarisme terang-terangan, mengingat Windows dirilis setahun setelah Mac OS keluar di pasaran. Masalah ini pun pada akhirnya kelar, dengan microsoft tetap memegang hak untuk menggunakan GUI pada produknya. Walaupun masalah ini pernah terjadi di masa lalu, Steve dan Bill tetap akur dan menjaga persahabatannya. Walaupun musuh di dunia persaingan pasar komputer, di belakang tetaplah teman sejati.

jobs and gates - sistem operasi komputer

Steve Jobs dan Bill Gates (businessinsider.com)

Sepak terjang Microsoft tidak hanya sampai di situ saja. OS/2 dirilis pada tahun 1987 berkat hasil kerjasama IBM dengan Microsoft. Walaupun OS ini digadang-gadangkan dan dipasarkan secara bertubi-tubi, OS/2 gagal merebut hati para konsumen. Akan tetapi, microsoft tetap tidak patah hati, dan terus mengembangkan OS miliknya – Windows.

Dikembangkan oleh microsoft di tahun 1993 sebagai OS-nya server high endWindows NT menjadi sistem operasi dasar server hingga saat ini. NT biasanya digunakan di komputer-komputer server untuk membendung dominasi Unix di persaingan pasar.

Tahun 1995 adalah tahun yang “fantastis” bagi microsoft. Peluncuran Windows 95 adalah peluncuran yang benar-benar mengangkat nama microsoft di mata Amerika Serikat dan dunia. Saking ambisiusnya, microsof rela menggelontorkan uang sebesar US$ 3 Juta (Sekitar Rp 42,3 Milyar) hanya untuk membeli lisensi lagu “Start Me Up” milik Rolling Stones untuk dipasang di iklan komersial mereka berikut ini,

Keambisiusan mereka pun terbayar. Setelah mengadakan acara peluncuran dan konferensi yang keren, 40 Juta kopi Windows 95 berhasil terjual di tahun pertama. Bahkan hingga tahun 2002 OS ini masih menjadi sistem operasi paling populer, yang bahkan mengalahkan OS penerusnya – Windows 98 – dan banyak sistem operasi lainnya.

Kelihatannya, Unix semakin tenggelam. Tapi pada kenyataannya nggak juga, lho. Di tahun 1997, (masih) Sun Microsystems terus gigih mengembangkan sistem operasinya yang beda dari yang lainnya. Javanamanya. Diambil dari nama kopi khas pulau Jawa yang populer di Amerika, sistem operasi ini menggunakan bahasa yang pemrograman yang dikembangkan sendiri, Java programming languange, dibuat untuk berbagai perangkat keras, termasuk PC. Mungkin saat ini di komputer anda sudah terpasang Java, secara sadar maupun tidak sadar. Apalagi jika anda mempunyai browser atau mempunyai game Minecraft, yang membutuhkan Java untuk memainkannya.

java logo - sistem operasi komputer

logo java, yang menyerupai kopi (cultofmac.com)

 

Perlombaan ketat Windows dan Mac OS

Walaupun sempat sukses pada masanya, Steve Jobs malah pernah dipecat oleh perusahaan buatannya sendiri. Hebatnya ia tetap tidak putus asa. Ia mendirikan lagi perusahaan komputer bernama NeXT, yang pada akhirnya dibeli oleh Apple seharga US$ 429 Juta. Pembelian inilah yang memebuat Jobs kembali ke singgasana Apple pada tahun 1997.

steve jobs 1997 - sistem operasi komputer

Steve Jobs pada tahun 1997 (wired.com)

Tak lama setelah Steve Jobs kembali ke panggung, Apple langsung merilis Mac OS 8 dengan banyak perbaikan user interface yang signifikan (yang juga bisa diganti dengan skin-skin yang tersedia), banyak peningkatan stabilitas dan banyak fitur tambahan lainnya. Hal ini membangkitkan Apple dari keterpurukannya di masa tidak adanya Steve Jobs, dengan terjualnya 1.2 Juta kopi Mac OS 8 di dua minggu pertama setelah rilis, dan 3 Juta kopi dalam waktu 6 bulan.

mac os 8 - sistem operasi komputer

user interface mac os 8 (emulators.com)

 

Melihat bangkitnya Apple, Microsoft pun tidak mau ketinggalan. Seperti namanya, Windows98 dirilis pada tahun 1998, versi peningkatan dari windows 95. Salah satu fitur peningkatan yang paling disebut-sebut adalah penambahan fitur USB yang kita kenal saat ini. 1999 Microsoft kembali merilis versi peningkatan berupa Windows98 Second Edition. Di versi ini terdapat fitur baru bernama Internet Connection Sharing, yang memungkinkan beberapa komputer di dalam LAN untuk berbagi koneksi internet ke sesama pengguna, yang nantinya mejadi cikal bakal Warnet.

Kembalinya Steve Jobs juga menandai kembalinya persaingan yang ketat antara Microsoft dan Apple. Hingga 15 Tahun kemudian, Windows terus mengembangkan, memperbaiki dan meningkatkan versi Windowsnya, dari Windows ME, hingga WindowsXP yang populer, Gagalnya Vista merebut hati konsumen, Windows 7 yang sukses sampai pada akhirnya Windows 10, yang menyempurnakan semua fitur dari versi windows sebelumnya. Apple pun terus berkembang dengan Mac OSnya, Mac OS X dengan tampilan GUI-nya yang sangat menawan, yang kini sudah sampai di OS X v10.11 (El Capitain). Tak lupa dengan Linux dengan berbagai versinya, termasuk buatan Google Android dan Ubuntu.

windows 10 - sistem operasi komputer

tampilan Windows 10

 

OS X el capitan - sistem operasi komputer

tampilan OS X el capitan

 

Hingga sampai juga akhirnya  pada masa kini, di mana sistem operasi komputer menjadi komponen penting dalam mengoperasikan komputer, yang membantu kebutuhan kita sehari-hari. Sistem operasi apakah yang anda pakai ketika sedang membaca artikel ini?

Sekian dari saya, semoga artikel yang panjang ini bermanfaat bagi anda pembaca setia sekalian. Ada masukan? Saran? Kritik? Ide untuk artikel selanjutnya? Atau, adakah yang salah pada artikel ini? Tinggalkan komentar di bawah, ya!

Sampai jumpa di artikel berikutnya ~ Salam Utak-atik!

 

Bahan tulisan dan referensi:
International Programmer’s DayWikipedia

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>