TakaHow

Baju dan Wajah Kusut? Haluskan dengan Photoshop!

cara menghaluskan permukaan dengan photoshop

Selamat datang kembali di Takatik – Informasi utak-atik!

Lama sekali ya kita tidak jumpa? Tema utak-atik kali ini adalah berkaitan dengan desain grafis, lebih spesifiknya di Adobe Photoshop.

Punya foto dengan background yang kelihatan banyak lipatan/gulungan di permukaannya? Atau, foto baju yang kusut karena lupa disetrika? Atau malah, wajah penuh dengan pori-pori dan jerawat? Hiii!

Udah, kalian nggak usah repot-repot setrika baju kalian dan foto ulang lagi! Karena kita akan bahas bagaimana caranya menghaluskan kekusutan-kekusutan yang ada di foto dan pikiran kamu (karena lupa setrika, hehehe). Pertama-tama, yang kalian butuhkan:

  1. Komputer, dan keahlian dasar menggunakan komputer
  2. Photoshop, versi apa saja (Saya menggunakan CC 2017)
  3. Keahlian dasar menggunakan komputer
  4. Gambar/Foto yang ingin dihaluskan
  5. Gorengan dan kopi untuk menemani sesi tutorial ini

Kita coba dengan contoh-contoh kondisi gambar seperti berikut ini dulu ya!

1. Menghaluskan foto baju/kain kusut dengan Photoshop

Mari mulai dari yang gampang, yaitu ‘menyetrika’ secara digital baju kamu! Hehehe. Cara ini juga bisa diaplikasikan di permukaan bahan apaun yang kurang halus.

Buka Photoshop kamu, dan buka/masukkan foto ke dalamnya. Sebagai contoh saya gunakan foto celana yang saya gunakan di bawah ini.

menghaluskan baju di photoshop 1

Kelihatan ‘kan bagian mana yang kusut? Nah, tool yang akan kita gunakan adalah “Healing Brush Tool”. Sebelum kita langsung coba, kita pelajari dulu bagaimana cara kerja tool yang satu ini. Lihat skrinsut di bawah ini:

 

bagian kusut baju - cara menghaluskan permukaan di photoshop

Seperti yang saya lingkari, bisa kita lihat bagian celana mana yang halus dan mana yang kusut. Pada dasarnya, kita akan menyalin tekstur di bagian celana yang halus, dan menempelnya ke bagian yang kusut secara mulus. Yuk, sekarang dicoba!

Pada toolbox Photoshop di sebelah kiri, klik “Healing Brush Tool”, seperti di gambar ini.

healing brush tool photoshop - cara menghaluskan permukaan photoshop

Sudah dipilih tool-nya? Kursor kalian otomatis akan berubah menjadi garis lingkaran. Besar ukuran kursor kalian bisa disesuaikan dengan menekan ‘ [ ‘ (kecil) atau ‘ ] ‘ (besar) di keyboard kalian.

Lalu pada keyboard, tekan ‘ alt ‘ . Kursor kalian akan berubah bentuk lingkaran plus. Klik sekali saja pada area halus yang ingin kalian salin, dan lepas tombol alt. Kalau sudah, lepas tombol alt, dan mulai haluskan area yang kusut dengan klik dan drag kursor. Lihat deh, gif di bawah ini:

photoshop menghaluskan permukaaan

Mudah kan? Seperti gif di atas, kalian lihat, ketika kalian mulai klik dan drag kursor, kursor baru berbentuk palang muncul di area halus yang kita pilih tadi. Kursor palang ini juga bergerak sesuai dengan gerakan kursor kita. Gerak ke bawah, palang akan ke bawah area halus. Begitu pula ke arah lainnya.

Jadi, kalian juga harus hati hati dalam menggerakkan, karena kalau terlalu jauh malah akan keluar dari area halus yang kita pilih, dan menyalin tekstur yang kalian tidak inginkan(Contoh kesalahan ini akan saya tampilkan dalam gif di point selanjutnya.). Pilih area halus yang cukup luas. Kalau area halus sempit, gerakkan healing tool sedikit-sedikit saja, seperti menggunakan kuas.

2. Menghaluskan foto wajah dengan Healing Brush Tool

Selain cuci muka yang bersih dan sering, Photoshop bisa jadi solusi bikin muka bekas ‘medan perang’ jadi bening ala-ala sweet 17. Ahay!

Masih dengan tool sebelumnya, sekarang kita coba ke muka yang ingin kita bersihkan. Kali ini saya pakai foto saya zaman edgy dan alay di SMA.

contoh menghaluskan muka dengan photoshop

Ihya di masa remaja (2012, colorized)

Caranya masih sama kok! Tekan Alt dan klik sekali di area kulit yang halus, dan lepas tombol alt. Lalu sedikit demi sedikit oleskan healing brush ke bagian jerawat/bekas jerawat. Begini nih prosesnya!

photoshop menghaluskan permukaaan wajah jerawat

Mulus seperti baru…^w^

Gimana…? Sudah paham kan sekarang? Kalau masih belum paham, monggo – jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar yaaa…!

Oya, saya lupa kasih tahu bagaimana jadinya kalau kita menggunakan healing brush secara salah?

Nih, contohnya.

photoshop menghaluskan permukaaan wajah jerawat yang salah

ARGGHHHH

Nah, paham kan sekarang? Kita harus hati-hati, dan perhatikan sekitar area halus yang kita pilih. Ukuran brush-nya juga jangan kegedean seperti di ilustrasi gif di atas.

Sekarang saatnya before and after!

Penutup

Semoga tutorial cara menghaluskan permukaan dengan Photoshop di atas tadi bisa bermanfaat bagi kalian semua. Selamat utak-atik dan mencoba!

.

Ada pertanyaan? Saran? Koreksi? Masukan? Atau ide untuk artikel selanjutnya? Isi kolom komentar di bawah, ya!

You Might Also Like

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.