TakaHow

Rooting Android: Tujuan dan Cara-caranya

cara root hp android

Selamat Datang di Takatik – Informasi Utak-atik!

Di kesempatan utak-atik tekno kali ini, kita akan membahas apa dan bagaimana caranya rooting smartphone android.

Rooting. Istilah ini sangat populer di kalangan pengguna dan “tukang oprek” smartphone berbasis android. Terus apa sih arti dan maksud rooting? Buat apa? Kenapa banyak pengguna smartphone yang ingin ‘nge-root’ smartphone-nya?

Rooting: apa dan buat apa?

Setiap smartphone berbasis android yang telah diluncurkan di pasaran pada umumnya tidak memiliki akses root. Dengan melakukan rooting pada smartphone kita, smartphone akan mendapatkan akses root — yang berarti kita bisa mengontrol seluruh file sistem yang ada di dalamnya, layaknya admin. Jadi kita dengan bebas bisa mengutak-atik file sistem di dalamnya.

smartphone belum di root - cara root android

 

Oleh karena itu kebanyakan tujuan orang yang ingin melakukan rooting adalah untuk meningkatkan kinerja smartphone mereka, melampaui batas-batas pabrikan. Seperti meningkatkan performa, mengubah tampilan antarmuka (interface), dan menambah memori penyimpanan internal. Bahkan ada juga beberapa kasus di mana ada beberapa smartphone yang bermasalah yang hanya bisa diperbaiki melalui akses root terlebih dahulu.

Smartphone apa saja yang bisa di-root?

Tentunya hampir semua smartphone berbasis android bisa di-root. Jika iPhone yang anda cari, jailbreak lah yang anda harus lakukan – dan menurut Apple itu ilegal. Sedangkan di android, tidak ada larangan untuk melakukan rooting. Hanya saja…

Apa konsekuensi yang didapat dari rooting?

cyanogenmod - cara root hp android

pcadvisor.co.uk

Kebanyakan merek smartphone akan hilang garansinya jika anda melakukan rooting. Walaupun ada berbagai cara untuk un-root/mengembalikan smartphone ke keadaan semula. Selain itu anda harus menanggung sendiri resiko-resiko yang bisa terjadi jika cara rooting/utak-atik yang dilakukan asal-asalan atau salah. Do it on your own risk.

Cara melakukan rooting

Nah, sekarang kita lanjut ke bagian berbagai cara yang bisa dipraktekkan. Perhatikan dengan baik-baik, jangan sampai salah langkah, ya!

1. CF-Auto-Root

cf auto root - cara root hp android

youtube.com

Dibuat oleh user dan developer terkemuka di XDA ChainfireCF-Auto-Root adalah cara root untuk “para pemula rooting” dan untuk siapa saja yang ingin tetap menggunakan sistem bawaan (tidak mengganti ROM). Saat ini cara ini hanya mendukung smartphone berbasis firmware dari Samsung dan Nexus, dan menjadi cara termudah dan tercepat untuk rooting. Pada dasarnya cara ini hanya memasang SuperSU di sistem, sehingga aplikasi-aplikasi bisa mendapatkan akses root.

2. Rooting dengan framaroot

framaroot screenshot - cara root hp android

 

Beberapa tipe smartphone bisa di-root dengan mudah, tanpa harus menghubungkannya dengan PC. Tinggal menggunakan aplikasi bernama Framaroot. Cukup install di dalam handphone, pilih metode root-nya, dan smartphone akan terinstall akses root (ditandai dengan adanya aplikasi baru superuser). Ingat, tidak semua smartphone mendukung cara ini. Cek terlebih dahulu smartphone apa saja yang mendukung rooting melalui aplikasi ini.

4. Rooting dengan Towelroot

Dibuat oleh user dari forum XDA geohotTowelroot adalah aplikasi android untuk rooting lainnya yang kompatibel dengan lebih banyak smartphone. Walaupun pada awalnya aplikasi ini didesain khusus untuk Galaxy S5 aplikasi ini tetap bisa digunakan di sebagian besar smartphone dengan kernel sistem yang belum di-patch.

5. Menggunakan KingRoot

kingroot - cara root hp android

youtube.com

Jika anda mempunyai PC, dan tidak ingin susah-susah “flash ini flash itu”, KingRoot jawabannya. KingRoot Bisa digunakan di hampir semua perangkat android versi 2.x sampai 5.0. Tinggal hubungkan smartphone ke PC, download dan Install KingRoot, dan jalankan. Atau, tinggal download dan pasang di android lalu jalankan.

6. Meggunakan cara sesuai dengan tipe dan merek smartphone

Sebenarnya, setiap tipe dan merek smartphone memiliki cara rooting yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Untuk mengetahui cara dan step by step sesuai dengan tipe smartphone yang anda punya, anda harus cari di forum-forum android di Internet. Forum lokal seperti Kaskus, atau Internasional seperti XDA biasanya memiliki berbagai sub forum khusus untuk tipe-tipe smartphone tertentu, yang berisi berbagai macam tips dan trik rooting dan utak-atik android — yang tentunya bisa anda coba.

Penutup

Dengan adanya rooting, kita bisa mendapatkan akses penuh pada smartphone kita, dan bisa dengan leluasa utak-atik sepuasnya. Anda bisa pilih cara manapun, asalkan hati-hati dalam menggunakannya. Jangan sungkan bertanya dengan para ahli di forum-forum, asalkan tahu tempat, tata krama dan caranya.

Sampai jumpa di kesempatan utak-atik berikutnya! Salam Utak-atik!

 

Sumber:
XDA-developers

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>