TakaHow

Membuat dan Menambah Subtitle di Adobe Premiere Pro

cara membuat dan menambah subtitle di adobe premiere

Assalaamu’alaikum wr.wb… selamat datang kembali di Takatik | Informasi Utak-atik!

Masih di Adobe Premiere, kita akan bahas seluk beluk film and video editing. Kali ini kita akan belajar tentang Subtitle. Itu lho, yang biasa di tulisan terjemahan di bawah anime yang habis kamu download. Hehehehe.

Kita juga bisa kok bikin sendiri, misal, pada video hasil rekaman iseng kita!

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat dan menambah subtitle pada video. Dari yang paling gampang seperti menulis di notepad, sampai langsung di fitur video editor dari Youtube. Untuk sesi ini kita akan bahas untuk Adobe Premiere.

1. Membuat subtitle di project kamu

Kalian hanya butuh komputer, Adobe Premiere Pro (yang saya gunakan versi CC2017, tolong beritahu kalau versi kalian ternyata berbeda) untuk membuat subtitle, dan Video apapun yang ingin ditambah subtitle. Yuk, kita mulai!

Pertama-tama, buka Adobe Premiere Pro kalian. Buat project baru, dan import video kamu. Atau, bisa juga edit project yang sudah ada. Lalu klik “File > New > Captions…”. Jendela baru akan terbuka.

adobe premiere pro new captions - cara membuat subtitle

Klik OK

premiere pro opsi new captions - cara membuat subtitle

Nah, di Bagian “Standard”,  Pilih “Open Captions”. Klik OK. Di kotak Project, kamu bisa lihat ada item baru. Itulah Subtitle yang bisa kamu edit dan tambah di video kamu.

2. Menambahkan subtitle di timeline video

Untuk menambahkan item subtitle tadi, kamu tinggal tekan dan seret ke dalam timeline sequence/video yang kamu sedang edit. Masukkan di satu track di atas video kamu, laatur dan geser seberapa panjang durasi subtitle yang kamu inginkan.

premiere pro captions di timeline video - cara membuat subtitle

Klik 2 kali pada subtitle di Project, jendela baru akan muncul. Di sinilah kamu bisa menambahkan subtitle yang kamu inginkan. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan, seperti mengganti font, warna, ketebalan, background tulisan.

berbagai fitur subtitle Adobe Premiere Pro - cara membuat subtitle

Begitu selesai menulis satu baris subtitle, klik tombol “tambah” (+) di bagian pojok kanan bawah jendela subtitle untuk menambah baris subtitle baru. Setiap baris subtitle juga bisa di atur durasinya. Tinggal geser titik awal dan akhirnya.

baris subtitle adobe premiere pro - cara buat subtitle

durasi baris subtitle adobe premiere pro - cara buat subtitle

Mengekspor Video beserta Subtitle

Nah, tiba waktunya untuk mengekspor video beserta subtitlenya. Yang saya maksud di sini Video dan Subtitle tidak diekspor ke dua file yang terpisah, tapi langsung tergabung dalam video yang kamu edit. Untuk setting Video, pilih setting yang kamu biasa pakai untuk Ekspor (Misal, H.264/5, Quicktime, dll).

Tapi jangan lupa dengan satu setting yang ini ya!

ekspor video dengan subtitle adobe premiere pro - cara membuat subtitle

Setelah itu, kamu bisa mulai ekspor Video yang sudah susah payak kalian buat! Tinggal ditunggu sampai selesai deh, sambil minum kopi dan baca artikel Takatik yang lainnya

Baca Juga:
Buat Video DSLR Kamu Lebih Sinematik dengan Cinestyle
Noise Pada Video – Penyebab dan Cara Menghilangkannya

You Might Also Like

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.